Sekilas Pengetahuan Mengenai Rapid Test

Sekilas Pengetahuan Mengenai Rapid Test

Corona dinyatakan sebagai sebuah pandemic dalam masyarakat. Dimana hal tersebut menjelaskan bahwa Corona menjadi sebuah penyakit yang akan menimbulkan keresahan masyarakat karena dapat menular dengan cepat. Pembatasan skala nasional sempat dikeluarkan pemerintah guna menekan laju perkembangan penderita penyakit Corona tersebut. Bahkan beberapa perusahaan terpaksa bekerja dalam rumah atau WFH ( work from home) untuk menekan laju pertumbuhan penderita Corona.

Penyakit Corona dapat ditularkan melalui udara dan juga beragam benda yang digunakan bersama. Hal tersebut tentunya semakin menjadikan warga harus mawas diri. Berdiam dalam rumah dan keluar seperlunya penting dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan warga. Dimana warga yang satu dan yang lainnya kita tidak tahu aktivitas apa yang mereka lakukan dan kontak dengan siapa saja. Hal tersebut tentunya menjadi bahan pertimbangan untuk menjaga jarak dengan warga yang satu dengan lainnya.

Rapid test merupakan sebuah tes yang dilakukan untuk mengenali pasien pengidap Corona. Rapid test seringkali disebut sebagai tes cepat yang dilakukan oleh petugas kesehatan untuk mendeteksi adanya virus Corona dalam tubuh seseorang. Tes ini dilakukan dengan pengambilan sampel darah warga yang melakukan Rapid test tersebut. Sampel darah selanjutnya diteteskan diatas sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi penyakit Corona atau yang disebut sebagai Rapid test kit. Tes ini hanya memerlukan waktu hitungan menit saja untuk mengetahui hasilnya. Apabila Rapid test yang dilakukan menghasilkan nilai positif maka ada kemungkinan anda menderita Corona. Rapid test yang bernilai positif dapat dilanjutkan dengan menggunakan tes swab untuk memastikan apakah anda benar – benar terjangkit Corona.

Rapid test perlu dilakukan bagi anda yang pernah kontak dengan penderita positif Corona. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran lanjutan virus kedalam masyarakat luas. Rapid test juga perlu dilakukan ketika anda melakukan perjalanan kunjungan ke tempat – tempat yang kasus penderita Corona-nya tinggi. Dimana perilaku ini dilakukan untuk mengetahui selama anda perjalanan ke daerah tersebut anda terinfeksi virus COVID-19 atau tidak. Rapid test juga perlu dilakukan bagi anda yang merasakan gejala penderita Corona seperti demam tinggi, batuk, pilek hingga sesak napas. Bagi anda yang bekerja di pelayanan masyarakat atau sering kontak dengan masyarakat luas maka perlu melakukan Rapid test berkala.

Rapid test menggunakan sampel darah sebab Rapid test kit akan bereaksi terhadap antibodi dalam tubuh. Dimana dalam darah terdapat antibodi, sehingga di sana anda akan diketahui mengidap Corona atau tidak. Rapid test akan memberikan hasil dengan tingkat kepercayaan cukup tinggi. Apabila hasil Rapid test menyatakan positif maka anda dilanjutkan dengan menggunakan tes swab yang kepercayaan tesnya sangat tinggi. Rapid test biasanya disediakan di berbagai pusat layanan kesehatan yang ada di dekat rumah anda. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam memeriksakan diri untuk menghindari penyebaran virus lanjutan.

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah pasien dari ujung jari ataupun pada siku. Selanjutnya darah akan diteteskan diatas Rapid test kit yang akan memberikan hasil. Dimana hasil dapat dilihat sekitar 10 hingga 15 menit setelah proses penetesan tersebut. Apabila hasil Rapid test anda negatif maka anda dapat melakukan isolasi mandiri dirumah untuk mencegah timbulnya gejala Corona. Namun, bila hasil Rapid test anda menyatakan positif, maka anda sebaiknya melakukan perawatan intensif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Share