Perkembangan Bayi 8 Bulan, Si Kecil Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi 8 Bulan, Si Kecil Bisa Apa Saja?

Saat buah hati Anda menginjak usia 8 bulan, pasti akan banyak perubahan yang terjadi pada bayi Anda. Mulai dari lebih aktif, hingga bayi mulai belajar dengan cara menirukan semua yang Anda lakukan. Tentunya juga akan mulai belajar berbicara. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa kemampuan saat perkembangan bayi 8 bulan yang bisa Anda ketahui.

1. Kemampuan Motorik

Saat bayi Anda berumur 7 bulan, dia akan mulai belajar merangkak, maka bayi Anda akan mulai belajar untuk mengangkat tubuhnya menggunakan tangan dan lutut. Pada kondisi tersebut, bayi akan mulai menggerakkan tubuh ke depan maupun ke belakang. Sehingga otot-otot bayi akan mulai terlatih dan juga akan menjadi fondasi saat akan belajar berjalan.

Setelah menginjak usia 8 bulan, bayi akan belajar duduk dengan menekuk lutut sebelum berdiri. Anda juga bisa membantunya untuk belajar jalan dengan memegang kedua tangan bayi. Selain itu, bayi juga akan mulai aktif untuk bermainĀ  dan mulai belajar untuk memakan makanannya sendiri. Namun, selama masa perkembangan tersebut, adanya pengawasan orangtua juga sangat penting.

2. Kemampuan Bicara

Bayi yang sudah memasuki usia 8 bulan sudah bisa merespon setiap kata yang sering mereka dengar. Selain itu, saat usia tersebut, bayi biasanya sudah bisa untuk mengucapkan kata dengan benar untuk menyebut suatu benda atau seseorang yang bayi inginkan. Seperti kata papa maupun mama.

Untuk lebih merangsang kemampuan bicara si kecil. Anda bisa mengajaknya berkomunikasi. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara bercerita semua hal yang sedang Anda lakukan, maupun membacakannya dongeng. Selain cara tersebut, Anda bisa melatihnya dengan mengenalkan berbagai kata benda dan anggota tubuh dengan cara menunjukkannya.

3. Kemampuan Sosial

Kemampuan lain yang mulai dipelajari saat bayi berusia 8 bulan adalah kemampuan sosial. Saat menginjak usia 8 bulan, bayi sudah bisa menirukan semua perilaku orang lain yang dilihatnya. Dan juga kemampuan penglihatan bayi sudah hampir setara dengan orang dewasa. Sehingga buah hati Anda sudah bisa mengenali setiap wajah yang pernah mereka temui.

Untuk masalah kemampuan interaksi dengan sekitarnya, si kecil akan merasa takut dengan hal yang yang baru atau sesuatu yang belum mereka kenal, seperti orang baru yang mereka temui maupun bunyi kereta api yang bising. Jika kondisi tersebut terjadi, Anda bisa memeluknya untuk memberikan rasa nyaman, dan beri pengertian kalau semuanya baik-baik saja.

Namun, jika saat berusia 8 bulan, bayi Anda belum mempunyai semua kemampuan di atas. Anda tidak perlu khawatir. Sebab, setiap individu mempunyai caranya sendiri saat berkembang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membantunya dengan memberikan stimulasi secara rutin agar bisa merangsang otak si kecil untuk berkambang.

Seperti itulah 3 kemampuan yang umumnya bisa dilakukan saat memasuki usia perkembangan bayi 8 bulan. Selain terus mengawasi dan membantu perkembangan si kecil. Anda juga bisa melihat beberapa review yang diberikan oleh ibu-ibu lain saat menghadapi perkembangan bayi saat usia 8 bulan. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan dengan perkembangan bayi Anda.

Share
shares