7 Daftar Nama Anak yang Dilarang Dalam Islam

7 Daftar Nama Anak yang Dilarang Dalam Islam

Dalam agama apa saja, nama merupakan cerminan diri yang menjadi doa dan harapan semua orang tua. Jangan heran kalau orangtua begitu selektif memilih nama yang baik untuk calon buah hati. Di dalam agama Islam, ada aturan yang memberikan ketentuan pemberian nama yang baik. Kumpulan nama bayi Islam bisa menjadi rekomendasi Anda yang hendak memberikan nama laki-laki atau perempuan untuk anak.

Nama yang tidak boleh diberikan pada anak dalam Islam

Adakah nama yang dilarang dalam Islam? Islam melarang pemberian nama yang bermakna buruk kepada anak-anak. Setidaknya ada beberapa larangan memberikan nama kepada buah hati menurut syariat berikut :

  1. Nama dengan arti yang buruk

Jangan memilih nama yang terdengar bagus semata sebelum Anda mencari makna kata tersebut. Bisa saja nama berasal dari bahasa yang memiliki arti kurang baik bagi anak, misalnya Harb bermakna perang.

  1. Nama yang mengarah pada hawa nafsu

Dalam Islam, orangtua tidak boleh memberikan nama yang sembarangan apalagi berkaitan dengan syahwat. Nama yang tidak boleh diberikan antara lain Arrij yang berarti wangi, Syaadiyah berarti biduanita dan nama yang ambigu lain.

  1. Nama tokoh zalim

Diperbolehkan seorang bayi memiliki nama seperti nabi atau sahabat dan tokoh Islam lain, namun tidak menggunakan nama tokoh dzalim seperti Fir’aun, Qaarun, Abu Lahab, dan lainnya.

  1. Nama yang memiliki makna maksiat

Kumpulan nama bayi yang dianjurkan Islam bisa Anda pilih sesuai jenis kelami sang buah hati. Sebaiknya pilih nama yang tidak memiliki makna maksiat, contoh Saaraq yang memiliki makna pencuri.

  1. Nama berhala

Dilarang menggunakan nama patung atau berhala yang pernah digunakan pada masa jahiliyah. Nama yang digunakan untuk berhala antara lain Al Latta, Al Uzza, Isaaf, dan lain-lain.

  1. Nama yang mengarah pada sikap atau perilaku buruk

Contoh nama yang tidak boleh digunakan untuk buah hati tercinta adalah nama yang mengarah pada sikap atau perilaku yang buruk, misalnya Asyar bermakna jahat, Balidah bermakna bodoh, Ghasibah bermakna perampas, dan nama buruk yang lain.

Jika orangtua awam atau tidak memiliki wawasan luas, sebaiknya mencari informasi pada orang yang lebih berpengetahuan atau menggunakan media informasi lain. Salah pilih nama bisa berakibat fatal pada kehidupan si kecil kelak, bukan?

  1. Nama yang memiliki gelar nabi

Gelar khusus untuk nabi dan rasul tidak boleh diberikan kepada anak dalam ketentuan syariat. Misalnya gelar Khalillullah untuk Nabi Ibrahim AS, Ruhullah untuk Nabi Isa AS dan gelar khusus yang lain.

Memberikan nama yang baik kepada anak dalam Islam merupakan kewajiban orangtua. Nama merupakan doa yang disematkan kepada anak agar kelak memiliki kehidupan yang bahagia baik dunia dan akhirat. Orang yang telah mati akan dibangkitkan Allah SWT kembali dengan nama yang ia sandang. Jadi, sudahkah Anda mencari referensi nama yang baik dari kumpulan nama bayi berdasarkan anjuran Islam?

Share
shares