Kopi Hitam Tanpa Ampas atau Kopi dengan Ampas, Mana yang Lebih Sehat?

Kopi Hitam Tanpa Ampas atau Kopi dengan Ampas, Mana yang Lebih Sehat?

Kopi menjadi salah satu minuman yang populer di seluruh dunia. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan kopi dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda. Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi kopi hitam tanpa ampas lebih baik dibanding dengan mengonsumsi kopi dengan ampas. Benarkah demikian? Yuk cari tahu faktanya!

Fakta Pertama

Penyajian kopi memiliki cara yang berbeda-beda namun, kopi yang diseduh langsung dengan serbuknya memiliki bau khas yang banyak disukai oleh orang-orang. Namun, ada beberapa orang yang lebih memilih menyeduh kopi instan tanpa ampas karena akan menambah kenikmatan dari rasa kopi itu sendiri.

Kopi mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf pada tubuh menjadi lebih aktif sehingga memungkinkan orang yang mengonsumsi kopi memiliki efek kecanduan kopi seperti sakit kepala, gugup, kelelahan dan sulit berkonsentrasi.

Beberapa orang mempercayai bahwa minum kopi tanpa ampas dapat menghilangkan efek yang diberikan oleh kafein. Namun, faktanya jika Anda mengonsumi kopi tanpa ampas dan dengan ampas akan memiliki efek yang sama saja karena beberapa senyawa yang terkandung di dalam kopi tetap saja ada pada kopi walaupun Anda tidak mengonsumsi bersama ampasnya.

Fakta Kedua

Kopi memiliki beberapa senyawa, tak hanya kafein kopi juga mengandung senyawa terpenoid. Senyawa ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung apabila Anda mengonsumsi kopi secara berlebihan. Terpenoid akan tetap ada pada kopi meskipun Anda mengonsusmi kopi dengan ampas maupun tanpa ampas.

Fakta Ketiga

Jika Anda sering mengonsumsi kopi. hal ini dapat memicu meningkatnya kadar homosistein dan kolesterol. Kopi yang memiliki ampas ataupun tidak memiliki ampas sama saja dapat menyebabkan gangguan kesehatan, untuk itu Anda harus mengonsumsi kopi sewajarnya saja untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Fakta Keempat

Semua jenis kopi baik yang tanpa ampas atau dengan ampas apabila diminum akan menghambat penyerapan zinc ke dalam tubuh Anda. Jika Anda ingin menikmati  kopi hindari minum kopi beberapa jam setelah Anda mengonsumsi kacang-kacangan, daging merah dan segala jenis daging unggas.

Fakta Kelima

Kopi memang memiliki manfaat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, jika Anda tidak ingin menurunkan berat badan hindari minum kopi setelah makan karena kopi akan menyerap mineral dan vitamin sehingga Anda akan kehilangan nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

Kopi memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan apabila Anda mengonsumsinya dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Anda dapat mengonsumsi kopi tidak lebih dari enam gelas dalam satu hari karena mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa fakta tentang kopi hitam tanpa ampas ataupun kopi dengan ampas. Jika Anda mengonsumsi kopi dengan ampas atau tanpa ampas, tetap saja akan berdampak pada kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Bagi Anda pecinta kopi, ada beberapa pilihan kopi dari nescafe.com yang bisa Anda pilih untuk menemani hari Anda

Share
shares