Catat! Inilah 5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Catat! Inilah 5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui seringkali mengalami produksi ASI yang tidak lancar. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah berat badan, gaya hidup yang buruk, dan lain-lain. Agar ASI kembali lancar, ibu menyusui wajib untuk memenuhi nutrisi baik bagi sang ibu maupun si buah hati dengan mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui.

Guna mencukupi nutrisi bagi ibu dan bayi serta memperlancar ASI, konsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk ibu menyusui di bawah ini.

  1. Buah dan Sayur

Buah dan sayur sangat baik untuk ibu menyusui, karena mengandung mikronutrisi yang berperan penting untuk perkembangan ibu dan bayi. Selain itu, buah dan sayur juga tinggi serat, sehingga baik bagi pencernaan ibu menyusui. Buah-buahan seperti melon, semangka, jeruk, mangga, dan pepaya baik untuk dikonsumsi ibu menyusui karena dapat memperlancar ASI.

Sayuran hijau seperti brokoli ataupun bayam kaya akan vitamin A yang baik bagi ibu dan bayi. Tak hanya itu, sayuran hijau adalah sumber kalsium non-susu yang tinggi vitamin C, rendah kalori serta kaya antioksidan. Namun Anda harus berhati-hati ketika memilih buah dan sayur, pastikan buah dan sayur tersebut bebas pestisida.

  1. Roti Gandum

Roti gandum menjadi salah satu makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan, karena mengandung serat, asam folat serta zat besi yang baik bagi perkembangan ibu serta si buah hati. Gandum tinggi serat sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain roti gandum, Anda dapat mengonsumsi olahan gandum lainnya yaitu sereal gandum utuh. Sereal dari gandum kaya akan nutrisi serta vitamin, dan baik untuk dikonsumsi ketika sarapan guna meningkatkan energi.

  1. Salmon

Selain buah, sayur, dan roti gandum, ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon. Ikan yang satu ini mengandung DHA yang baik bagi perkembangan saraf si buah hati. Selain itu salmon juga dapat mencegah depresi serta meningkatkan mood Anda.

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, karena tinggi vitamin, protein, zat besi, serta B-12. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap tersebut membuat ibu menyusui selalu berenergi serta terjaga kesehatannya.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan tinggi akan nutrisi, sehingga berperan untuk membuat ASI semakin kental. Selain itu kacang-kacangan juga tinggi protein yang baik bagi pembentukan sel jaringan tubuh.

Ibu Menyusui Perlu Menghindari Makanan Ini!

Ada makanan yang baik untuk dikonsumsi, ada pula makanan yang perlu dihindari. Makanan seperti cokelat, buah-buahan yang asam, daun mint, daun peterseli, kerang, telur, makanan pedas, bawang putih, jagung, ikan tinggi merkuri, minuman beralkohol serta kafein sebaiknya Anda hindari ketika masa menyusui si buah hati.

Demikianlah 5 rekomendasi makanan untuk ibu menyusui. Ingat, ketika menyusui biasakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang baik untuk ibu dan juga bayi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares